Definisi dan fungsi genset

Kit generator

Genset (generator generator) adalah perangkat untuk menghasilkan listrik. Pengertian adalah seperangkat generator dengan dua set perangkat, kombinasi mesin dan generator atau alternator. Rotasi mesin sebagai generator atau generator yang menghasilkan energi.

Mesin dapat berupa diesel atau diesel, dan generator atau alternator adalah kumparan tembaga atau kumparan yang terdiri dari stator (kumparan statis) dan rotor (kumparan rotor).
Dalam fisika sederhana, dapat dikatakan bahwa motor memutar rotor dalam generator dan itulah sebabnya medan magnet terbentuk pada generator kumparan, medan magnet yang terbentuk di stator dan arus listrik yang berinteraksi dengan rotor sesuai dengan hukum Lorentz. (Ingat pelajaran dari sekolah menengah pertama).

Tegangan yang dihasilkan oleh generator akan memiliki perbedaan tegangan antara dua kutub generator, jadi ketika terhubung ke beban itu menghasilkan listrik dalam rumus P (daya) = V (tegangan) k I (arus). ), Unit VA atau Volt Amps. Selanjutnya, rumus fisik yang lebih kompleks menjelaskan P (daya) = V (tegangan) k I (arus) k CosPhi (faktor daya) dalam watt.

Kekuasaan

Faktor daya, selalu ditulis dalam os cos, adalah bagian penting dari pengoperasian generator listrik. Pengurangan faktor daya (cos Ø) mengurangi waktu operasi pembangkit listrik dan meningkatkan kemungkinan kerusakan pada sistem atau sistem tenaga, sehingga upaya harus dilakukan untuk memperbaikinya.


Untuk meningkatkan kinerja ini, perlu untuk menginstal beberapa blok kapasitor yang terhubung ke sistem pembangkit listrik yang dikenal sebagai bank kapasitor dan yang memiliki fungsi regulator otomatis untuk meningkatkan faktor daya. generator, kapasitas operasi generator (daya reaktif) dengan secara otomatis mengoperasikan blok unit kondensor.
Apa saja jenis generatornya?

Generator mungkin berbeda dari jenis mesin, kita tahu jenis, yaitu mesin diesel dan mesin non-diesel / bensin. Mesin diesel diidentifikasi sebagai bahan bakar karena mesin diesel menghasilkan bensin premium.

Generator tanpa mesin diesel atau diesel diproduksi pada generator berdaya rendah atau generator hingga 10.000 VA atau 10 kVA, dan di sisi lain digunakan untuk mesin diesel dengan volume> 10. kVA. Mengapa ini Ini lebih besar dari diesel, di mana diesel lebih mudah digunakan, tanpa percikan, lebih efisien untuk dirawat, sangat responsif dan kuat. Selain aplikasi industri, bensin (solar) lebih murah daripada bensin. Studi yang lebih rinci tentang kinerja mesin diesel akan dijelaskan dalam artikel berikut.

Dalam aplikasi, kami menemukan bahwa generator terdiri dari generator fase tunggal atau tiga fase. Apa artinya ini? Kita kemudian akan melihat bahwa konsep fase 1 atau fase 3 mewakili potensi tegangan yang dihasilkan oleh generator. Tegangan 1 fase mengacu pada tegangan yang dihasilkan dari kutub N-arus N, yang merupakan arus nol atau nol, atau dikenal sebagai ground. Dua kutub dengan tegangan tiga fasa. Generator tiga fase menghasilkan tiga kali kekuatan generator fase tunggal. Dalam sistem kelistrikan PLN kami, output daya tiga fase untuk digunakan di rumah adalah 380 volt dan daya satu fase 220 volt.
Kekuatan fisik fisika adalah gelombang sinusoidal dengan frekuensi tertentu, seperti jumlah vektor, mis. Ukuran dan arah, tegangan dan arus. Di Indonesia, tegangan dan arus diatur ke 50 Hz, yang merupakan frekuensi standar di Belanda atau negara-negara Eropa dan 60 Hz di AS dan Kanada.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*